Apa Itu Google Adsense?

Memahami sepenuhnya tentang apa itu Google Adsense bukanlah perkara yang sulit. Terlebih lagi bagaimana cara kerja dari Google Adsense tersebut. Kebanyakan blogger baru menyebutkan Google Adsense sebagai media iklan dari Google. Hal tersebut memang tidak salah, namun untuk penjelasan lebih lengkap apa itu Google Adsense, ada sedikit informasi di bawah ini.

Pengertian Google Adsense #

Seperti apa itu Google Adsense? Sebenarnya Google Adsense merupakan salah satu layanan dari Google untuk memfasilitasi pada publisher dalam memasang atau mempromosikan iklan dari para advertiser. Namun begitu, hanya yang terdaftar saja yang bisa mengiklankan brandnya di Google Adsense.

Bagi blogger yang sudah lama berkecimpung dalam dunia internet, Google Adsense menjadi salah satu ladang bisnis yang menghasilkan uang. Bahkan dalam mendaftar Google Adsense sendiri cukup mudah dan gratis, hanya dengan menggunakan akun Google tersebut.

Cara kerja Google Adsense #

Setelah mengenal apa itu Google Adsense, saat terlibat dalam cara kerja dari layanan yang satu ini. Perlu diketahui ada 4 langkah kerja dari Google Adsense itu sendiri. Di mana dimulai dari pengiklan atau advertiser, Google Adsense, publiser dan konsumen. Namun secara garis besar cara kerja dari Google Adsense bisa dilihat dari penjelasan berikut ini.

  1. Advertiser pemeran utama

Di mana advertiser memang sepenuhnya memanfaatkan layanan Google ini. Di mana bertujuan untuk bisa mempromosikan produk brand tersebut. Namun begitu, pengiklan harus mendaftar terlebih dahulu di Google adword. Kemudian, baru mengajukan permohonan untuk bisa memasang iklan.

  1. Google Adsense sebagai pemeran kedua

Apa itu Google Adsense akan menyediakan aplikasi web yang bisa memfasilitasi para advertiser untuk bisa beriklan di Google. Namun hanya bagi pengiklan yang sudah terdaftar pada Google Adword dan telah mengajukan permohonan.

  1. Publisher sebagai pemeran ketiga

Publisher merupakan pihak yang membantu dalam mempromosikan iklan para pengiklan yang sudah terdaftar pada Google. Namun begitu, publisher akan membatasi jumlah iklan pada blog atau web yang dimiliki. Syarat untuk bisa memasang iklan Google Adsense adalah memiliki situs blog atau web. Selain itu juga harus mengajukan permohonan pada Google untuk bisa menjadi publisher.

  1. Konsumen sebagai pemeran keempat

Konsumen merupakan pemeran terakhir dari Google Adsense. Di mana konsumen lah yang akan menemukan iklan tersebut, baik sengaja maupun tidak disengaja. Kebanyakan konsumen yang tertarik dengan iklan akan mengkliknya untuk bisa mendapatkan informasi yang lebih lanjut.

Mendapatkan uang dari Google Adsense #

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya tentang bisnis Google Adsense yang bisa mendatangkan uang. Biasanya bisnis yang satu ini lebih banyak dilakukan oleh para publiser. Di mana dengan memasang iklan dari Google Adsense akan langsung mendatangkan uang tanpa perlu modal. Namun begitu, keuntungan yang didapatkan juga harus dengan usaha. Di mana situs tersebut harus memiliki traffic yang tinggi.

Traffic tinggi akan memungkinkan banyak orang untuk bisa mengklik iklan tersebut. Setiap ada orang yang klik iklan yang dipasang, maka publiser akan diberikan upah oleh Google. Kebanyakan hitungan upah yang diberikan dikenal dengan cost per klik. CPC inilah yang memungkinkan publisher mendapatkan upah. Maka dari itu, tugas utama dari publisher adalah meningkatkan pengunjung situs atau web tersebut. Dengan begitu, peluang konsumen klik iklan yang dipasang akan semakin besar.

Demikian sedikit informasi tentang apa itu Google Adsense dari Arfadia – Digital Marketing Agency semoga bisa membantu.

Source :

https://aldariswati.page.tl
https://www.kiwibox.com/julesarkley/blog/
http://arfadia.strikingly.com/
http://groupspaces.com/Arfadia/announcements/
https://www.indiehackers.com/JulesArkley
http://mediaiklan.soup.io/
https://medium.com/@julesarkley
https://nouw.com/julesarkley
https://www.minds.com/JulesArkley
https://www.theodysseyonline.com/hiring-digital-marketing-agency
https://www.theodysseyonline.com/healthiest-frozen-food
https://www.theodysseyonline.com/tips-to-move-around-bali
https://steemit.com/@arfadia
https://julesarkley.contently.com/
http://julesarkley.bravesites.com/
https://julesarkley.hatenablog.com/
http://julesarkley.wikidot.com/blog:3
http://julesarkley.freeblog.biz
https://julesarkley.kinja.com/

 
1
Kudos
 
1
Kudos

Now read this

Get to Know More about The Business Model Canvas

Recently, the Business Model Canvas has become so popular in Indonesia. There are many academicians who teach This Business Model Canvas (BMC). This business plan model is often compared with Traditional Business Model, and many people... Continue →